Bersama Kang Santri ,,, Kami Santri Siap Berprestasi...

Kamis, 10 Januari 2013

pondok pesantren tanwirul qulub

 Hemmm,, untuk mengingat masa lalu kenangan di pondok pesantren tanwirul qulub saya akan menjelaskannya sedikit sobat tentang pondok ini,,,,,
       Dunia pendidikan memang mempunyai teori – teori tersendiri dalam pengembangan pendidikanterutama dalam sekolah formal. Memang pendidikan formal terkesan lebih utama dibandingkan pendidikan dibidang lain. Namun penerapan teori – teori pengajaran yang dianut oleh pendidikan formal jika kita telusuri banyak menggunakan system pendidikan ala pondok pesantren. Pendidikan pondok pesantren memang berkesan, bukan hanya berkesan tetapi identik dan berbasiskan agama. Banyak pondok pesantren yang telah melahirkan tokoh - tokoh yang berperan penting dalam pelaksanaan atau melaksanakan tatanan Negara. Pendidikan ala pondok pesantren ini jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan pendidikan formal biasa karena sistem – sistem yang dianut ini mulai dengan cara hidup berdampingan dengan orang lain, mendalami ilmu – ilmu agama, bagaimana menempatkan diri dalam sekian banyak orang, itu sebagian kecil manfaat kehidupan di pondok pesantren.

        Pondok Pesantren Tanwirul Qulub sudah hampir setengah abad telah mengabdikan diri kepada masyarakat dalam pembinaan akhlaq dan keilmuan. Eksistensi Pondok Pesantren Tanwirul Qulub sudah dapat dirasakan masyarakat khuusnya di kabupaten lamongan sejak mulai berdiri sampai saat ini. Hal ini dibuktikan dengan alumni yang sudah tersebar diseluruh jawa timur bahka sampai luar jawa.
        Untuk mengembangkan dan mencermati kebutuhan masyarakat yang serba cepat dan komplek dengan tetap mempertahankan tradisi salaf (Tradisional) dengan kitab – kitab klasik ( kuning ) yang terus dikaji dan dikembangkan. Pondok Pesantren Tanwirul Qulub juga membuka unit – unit pendidikan formal – non formal dan fasilitas pendukung yang memadai.


Unit – unit Pendidikan : 

1. Unit Formal
    • SMA NU 1 Model
    • MTs. Tanwirul Qulub
    • Wajib Belajar 9 Tahun ( Wajar DIKDAS )
    • S1 STKIP-BIM

2. Unit Informal
    • Madrasah Diniyah Tanwirul Qulub
    • Ritual Pengembangan Keagamaan dan Moral, yaitu :
             a. Thoriqoh Qodiriyah wan Naqsyabandiyah
             b. Istighotsah dan Manaqib

Fasilitas Pendukung :

       • Koperasi Pondok Pesantren (KOPONTREN)
       • Asrama santri yang memadai
       • Kursus Bahasa Inggris (IP)
       • Takhassus

        Dengan unit pendidikan dan lembaga pendukung diharapkan Pondok Pesantren Tanwirul Qulub menghasilkan santri intelektual yang Alim, Shaleh Social dan Ritual serta kafi dalam bermasyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar